Halaman

Jumat, 02 November 2012

Tentang Curhat

Tentang Curhat

 

Setelah berbagai siklus curhat, tiba-tiba aku kepikiran untuk bikin sebuah post untuk membahas curhat.
Menurut salah satu sumber terpercaya, curhat adalah berbagi keluh kesah, berbagi beban hidup yang semakin menghimpit jiwa. Sumber itu pula membagi curhat menjadi 2 tipe: curhat ala cewek dan curhat ala cowok. To be fair, kedua kategori ini tidak gender spesifik, hanya menyesuaikan stereotype yang beredar di masyarakat (bahasane!).


Curhat ala Cewek
Curhat ala cewek bertujuan untuk membagi beban yang menghimpit hati, membagi rahasia atau bercerita tentang kehidupan pencurhat. Dalam curhat ini tidak diperlukan adanya tukar pikiran. Tercurhat cukup merespon dengan iya, ya, aku mengerti, kasihan juga ya, dlsb. Dalam curhat jenis ini, pemberian saran hanya akan membuat pencurhat merasa sebal dan mungkin meninggalkan tercurhat dengan dongkol dan tidak akan curhat lagi karena menganggap tercurhat tidak sensitif.
Di sisi lain, tercurhat juga akan merasa depresi karena harus mendengarkan keluh kesah berkepanjangan tanpa bisa merespon selain ya, iya, aku mengerti, kasihan juga ya. In a way, kalau kita sebagai tercurhat ingin agar pencurhat tidak curhat lagi ke kita silahkan kasih saran membangun. :P

Curhat ala cowok
Curhat ala cowok ini berbeda dengan tipe curhat pertama, di sini tujuan dari curhat adalah menyelesaikan masalah atau setidaknya mendapat second opinion dari masalah yang dihadapi pencurhat. Dalam curhat ini tukar pikiran sangat disarankan. Respon “ya, iya, aku mengerti, kasihan juga ya” tanpa pemberian saran hanya membuat pencurhat dongkol dan menganggap tercurhat dungu dan bodoh.
Di curhat jenis ini, tercurhat akan merasa dihargai karena dimintai pendapat, kecuali jika seharusnya pendapat itu pendapat profesional yang diminta pencurhat dengan gratis karena teman, atau pendapatnya ternyata disepelekan oleh pencurhat.

Pembedaan
Karena kedua curhat ini sangat berbeda penanganannya, sebagai pencurhat kudu bisa memberikan kejelasan apa ekspektasi yang diharapkan dari sesi curhat ini, atau tercurhat harus pandai-pandai membaca situasi apakah pencurhat melakukan curhat tipe cowok atau cewek.
Menurut sumber yang dapat dipercaya, biasanya kalau cewek yang curhat didengerin dulu sesuai tipe curhat cewek, jika di akhir minta pendapat berarti ya berubah ke tipe curhat cowok. Kelemahan pembacaan ini adalah jika di tengah-tengah sesi curhat tercurhat menjadi bosan dan tidak memperhatikan materi curhat maka solusi yang ditawarkan mentah dan tidak optimal.

Isu dalam Curhat
Dalam dunia curhat-mencurhat ada istilahnya sombong terselubung. Hal ini terjadi karena perbedaan persepsi dari kedua belah pihak tentang masalah. Hal ini diungkapkan dengan kata pepatah, “Problem I’d like to have.”
Misal, pencurhat punya masalah, “ada 2 cewek yang lagi suka sama aku, aku bingung milih yang mana, minta saran dong…” sementara tercurhat jomblo. Atau curhat, “Aku ini bingung duit tabungan 100 juta ini mau dibeliin mobil atau rumah ya?” Harap berhati-hati karena curhat macam itu bisa membuat pencurhat dipentungi.
Isu kedua dalam dunia pencurhatan adalah curcol (Curhat Colongan) atau curbung (Curhat Terselubung), hal ini adalah saat pencurhat melakukan curhat secara diam-diam atau saat curhatan dilakukan secara tidak sengaja. Masih tidak ada ketentuan yang mengikat apakah cuhat jenis ini masuk dalam perjanjian rahasia curhat, karena seringkali dilakukan di depan umum.
Isu ketiga adalah curhat pinjam nama, dalam hal ini pencurhat seakan-akan menceritakan orang lain dalam curhatnya padahal dirinya yang dimaksud. Biasanya hal ini dilakukan karena pencurhat malu dengan isi curhatnya. Dalam hal ini, jika tercurhat memahami bahwa cerita tersebut hanyalah pinjam nama maka kerahasiaan curhat harus dijaga.

Kesimpulan
Curhat pada dasarnya adalah memberi kepercayaan, jadi biasanya kerahasiaan dijunjung tinggi dalam dunia pencurhatan. Kebocoran rahasia curhat atau yang biasa disebut dengan istilah “Ember Bocor” sangat dibenci di dunia pencurhatan dan diancam dengan sanksi yang berat, selamanya tidak dipercaya.
Bila ada yang ingin ditambahkan silahkan di kolom komentar.

 

0 komentar:

Posting Komentar